" Every Step Forward Is A Step Toward Achieving Something Bigger and Better Than Your Current Situation "
Hak Cipta dilindungi UU. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

United States Marine One


Marine One adalah sebutan untuk peswat yang membawa President Amerika Serikat. Marine One sendiri sebenarnya adalah sebuah helicopter yang dioperasikan oleh HMX 1 “Nighthawks” dan VH-60N “WhiteHawk” untuk ukuran yang lebih kecil dan lebih baru.
Kode yang di gunakan untuk presiden adalah Marine One sedangkan untuk wakil presiden adalah Marine Two.
Penggunaan helikopter dengan julukan Marine One ini pertama kali di mulai oleh presiden AS pada tahun 1957, kala itu Dwight D. Eisenhower ingin pergi ke Rhode Island namun karena jarak yang tidak terlalu jauh rasanya terlalu besar jika harus menggunakan Air Force One karena itu dia memerintahkan anak buahnya untuk menyiapkan helikopter UH-34 Seahorse.

Pada saat itu belum terdapat AC ada Marine One, lalu untuk meningkatkan kenyamanan president, akhirnya para staff mencat warna atas helikopter menjadi warna putih agar memantulkan cahaya matahari.
Kini marine one pun fungsinya masih sama, dan digunakan juga oleh Obama. Untuk sistem pengamanannya, marine one tidak pernah terbang sendiri, paling tidak ia di temani dengan 5  helikopter penjaga lainnya. Marine One juga sudah memenuhi standart untuk perlindungan president seperti penanggulangan anti rudal, yang dilengkapi dengan radar pelacak, tidak hanya itu untuk tiap anggota yang tergabung di heli HMX 1 perlu melewati Yankee White Background check.
Tentunya helikopter ini bukan helikopter sembarangan, walaupun secara teori penggunaanya sama seperti penggunaan mobil-mobil Limousine yang biasa di gunakan presiden, biaya maintenance dari helikopter Marine one ini bisa mencapai 20 milyar untuk helikopter yang akan di gunakan oleh Obama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar